Minggu , Januari 24 2021
Home / berita utama / Pemekaran Daerah Harga Mati, Emil Desak Pemerintah Pusat Berikan Kebijakan Adil

Pemekaran Daerah Harga Mati, Emil Desak Pemerintah Pusat Berikan Kebijakan Adil

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil akan memperjuangkan agar pemekaran daerah bisa dikabulkan oleh pemerintah pusat. Bahkan, orang nomor satu di Jabar ini pun mendesak pusat untuk memberikan keadilan politik.

Keinginan untuk pemekaran daerah sudah sejak lama diharapkan oleh Emil sapaan akrabnya ini. Hal itu muncul saat kampanye Pilkada Jabar 2018 lalu, salah satu janjinya yakni melakukan pemekaran daerah. Hal ini dilakukan demi pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat lebih optimal.

“Satu Kabupaten Bogor setara dengan Sumatera Barat yang 27 kota dan kabupaten. Jadi bisa dibayangkan Bu Ade Yasin (Bupati Bogor) mengurusi Sumatera Barat sendirian. Nah, ini menyebabkan apa? Pelayanan publik terhambat,” kata Emil, kemarin (15/12).

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jabar per 2019, Jabar sendiri memiliki luas wilayah lebih dari 35 ribu kilometer persegi dengan 27 kabupaten/kota yang terdiri dari 18 kabupaten, 9 kota, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa.

Menurut pria berkacamata ini, idealnya Jawa Barat memiliki 40 kabupaten/kota untuk menaungi penduduknya yang berjumlah hampir 50 juta orang.

“Jabar itu penduduknya terlalu banyak, hampir 50 juta, idealnya itu 1 juta untuk satu daerah. Makanya Jawa Timur penduduknya 40 juta tapi daerahnya ada 38, kita penduduknya 50 juta tapi daerahnya 27 wilayah,” kata Emil.

Check Also

Pemekaran Daerah Terganjal Moratorium

BANDUNG – Jawa Barat yang memiliki 27 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sekitar 50 juta diyakini sangat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *